Pakar LIPI Tanggapi Langkah Pemprov DKI Jakarta Hilangkan Bau Kali Item

Goodbuzz.net – Dalam upaya menghilangkan bau tidak sedap di Kali Item menjelang dimulainya pergelaran akbar Asian Games 2018 mendatang, berbagai macam cara dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satunya adalah dengan pemasangan jaring hitam di Kali Item, cara ini dinilai bisa mengurangi bau tidak sedap karena Kali Item akan terhindar dari sengatan matahari langsung.

Namun, cara tersebut nampaknya dinilai kurang efektif. Yang terbaru kini Pemprov DKI Jakarta akan memberikan pewangi di Kali Item untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Mengenai cara ini, Pakar limnologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Gadis Sri Haryani mengaku terkejut dan heran dengan langkah Pemprov DKI Jakarta tersebut.

“Maksudnya pewangi apa ya, aduh… baru ngerti kali dikasih pewangi. Aslinya kan kali nggak berbau. Ada bau tidak sedap, berarti ada pencemaran. Kalau diberi pewangi, tapi kalau tidak diatasi masalahnya, pencemarannya, menurut saya tidak ada gunanya,” tutur Gadis.

Gadis menegaskan jika bau yang ditimbulkan dari Kali Item adalah karena adanya pencemaran dari limbah-limbah rumah tangga dan industri rumahan. Jadi memberikan pewangi tidak akan memberikan perubahan.

“Itu kan bau dari gas metana yang dihasilkan oleh bakteri. Bakteri ini melakukan aktivitasnya dengan zat organik sehingga hasilnya bau itu. Zat organik ini dari mana? Itu pencemaran dari limbah bisnis rumah tangga atau industri rumahan. Yang organik itu biasanya dari rumah tangga itu biasa dari sabun, limbah mandi-cuci-kakus. Industri rumahan itu kita nggak tahu buangnya ke mana. Harusnya langsung diolah sebelum dimusnahkan ke kali, bisnis katering, warung, dan macam-macam,” katanya.

Sedikit memberikan solusi untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut, Gadis menyarankan bagi Pemprov DKI membereskan sumber pencemaran itu. Sebab, bila dengan memakai pewangi, hasilnya akan sia-sia.

“Kalau cuma pakai pewangi, itu artinya hanya sesaat. Itu nanti juga baunya itu muncul. Harusnya yang dihilangkan penyebab baunya itu,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *