Bertepatan Dengan Bulan Ramadhan, Beberapa Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila Pingsan

Goodbuzz.net – Setiap tanggal 1 Juni kalender Indonesia selalu diadakan upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara juga dilakukan oleh Presiden Indonesia ke tujuh Joko Widodo.

Bertempat di halaman Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jokowi yang mengenakan busana adat Jawa memimpin jalannya upacara yang diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA hingga anggota TNI-Polri.

Upacara ini berlangsung dengan hikmat di mulai pukul 07.00 WIB upacara berlangsung setidaknya 40 menitan. Hari Lahir Pancasila ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan.

Maka dari itu, ketika upacara masih berlangsung ada beberapa anggota upacara yang pingsan. Kejadian ini terjadi satu-persatu karena tidak kuatnya para siswa mengikuti upacara sambil berpuasa.

Kebanyakan dari mereka adalah siswa SD, akan tetapi ada juga beberapa dari siswa SMP dan SMA yang bertumbangan dan dibawa oleh tim medis. Untuk berjaga-jaga, tim medis memang sudah disiapkan dan berada di belakang peserta upacara di barisan para pelajar.

Upacara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat yang hadir seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PAN RB Asman Abrar, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum PBNU Said Aqil Siradj dan beberapa tokoh agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *