Menhub Prediksi Kenaikan Jumlah Pemudik Tertinggi di Sektor Udara

Goodbuzz.net – Menyambut mudik lebaran 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi serta pihak terkait melakukan beberapa prediksi salah satunya adalah kenaikan jumlah pemudik di jenis anggkutan lebaran.

Dari prediksi tersebut dikatakan jika kenaikan jumlah pemudik paling tinggi adalah di sektor anggutan udara. Tahun ini diperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara sekitar 8 juta.

“Pemudik paling besar dari udara kira-kira 8 juta, kemudian darat 7,8 juta, laut 1,5 juta. Kenaikan paling besar di udara sama di darat,” tutur Budi Karya Sumadi saat cek kesiapan angkutan lebaran di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Sedangkan untuk angkutan lainnya seperti kereta api dikatakan hanya mengalami kenaikan sekitar 5 % atau kira-kira sekitar 6 juta pemudik menggunakan kereta api.

Angkutan kereta api pada angkutan lebaran tahun ini juga dilakukan penambahan namun tidak signifikan sekitar 5-10%. Karena memang fluktuasi dari angkutan harian sama pada saat puncak seperti ini memang jauh. Sehingga paling bisa menambah 5-10%. Penambahan sarana nanti baru bisa dilakukan setelah double track dari Surabaya ke Jakarta sudah selesai.

“Kita mungkin 2019 akhir double track itu selesai dan pada saat itu kita dengan gampang untuk menambah fasilitas. Kalau saat ini ada perlintasan-perlintasan dua arah yang membuat produktifitasnya tidak maksimal,” imbuhnya Menhub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *