Mencegah Kemacetan di Mudik 2018, Ini Saran Wapres Jusuf Kalla

Goodbuzz.net – Menyambut mudik lebaran 2018 ini banyak sekali persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah guna menjadikan mudik lebih nyaman dan juga nyaman bagi para pemudik tahun ini.

Tidak hanya berbagai persiapan, saran-saran untuk pemudik juga disuaran oleh berbagai pihak termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyarankan jepada para pemudik untuk tidak hanya menggunakan jalan tol saat mudik Lebaran 2018, tetapi juga menggunakan jalan nasional non-tol.

Lebih dalam dengan saran yang dikatakan Kalla, dirinya belajar dari kemacetan parah yang terjadi pada pintu keluar tol di Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah atau Brexit pada 2016.

“Pengalaman Brexit itu karena semua orang berpikir, ‘kalau mau cepat ya lewat jalan tol’, sehingga jalan biasa kosong, lengang. Padahal lebih cepat lewat jalan biasa daripada lewat jalan tol,” kata Kalla dalam “Transportation Review” di Hotel Borobudur.

Imbas kasus kemacetan di Brexit tersebut, Kalla mengaku pernah mengusulkan agar diberlakukan peraturan nomor pelat ganjil dan genap yang diberlakukan di jalan tol maupun jalan non-tol atau jalan nasional.

“Supaya ramai (jalan nasional) nomor ganjil genapnya diatur. Siapa yang jalan di bawah (jalan nasional), siapa yang jalan tol, supaya jangan terjadi lagi (Brexit),” imbuh Kalla.

Senada dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi juga menyarankan untuk para pemudik mau menggunakan jalan nasional dan tidak terpaku hanya pada jalan tol.

“Artinya apa? Yang disampaikan Pak Wapres itu benar, pikiran orang hanya dengan jalan tol itu tidak benar. Gunakanlah juga jalan nasional, jalur selatan,” tegas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *