Hujan Deras Akibatkan Air Bendung Katulampa Naik

Goodbuzz.net – Hujan yang terus mengguyur Bogor dari Minggu (4/2/2018) malam membuat volume dan ketinggian air di Bendung Katulampa naik. Pada senin tercatat ketinggian air mencapai 220 cm. akibat ini Bendung Katulampa, Bogor mencapai siaga 1.

Dari kenaikan air yang tinggi ini membuat Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menetapkan
Bendung Katulampa, Bogor mencapai siaga 1.

Sebelum ditetapkan menjadi siaga 1 ketinggian air di Bendung Katulampa naik secara bertahap dari air masih mencapai 40 cm atau siaga 4. Kemudian pada Senin pukul 07.00, ketinggian air naik menjadi 110 cm atau siaga 3. Pada pukul 08.15, ketinggian air kembali naik menjadi 180 cm. Bendung Katulampa siaga 1 pada pukul 08.30.

“Iya, hujan sejak semalam. (Bendung Katulampa) sudah siaga 1,” ujar Sutopo.

Sutopo Purwo Nugroho dan jajaranya juga menghimbau kepada para warga yang berada di bantaran Kali Ciliwung untuk siap-siap jika ada air kiriman datang, wilayah yang diberi himbauan oleh Sutopo antara lain Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Bantarjati, Kedung Badak, dan Kedung Halang.

“Warga yang tinggal di pinggiran sungai Ciliwung di wilayah Bogor agar tidak melakukan aktivitas di sungai. Kami sudah melakukan penyebaran informasi melalui media sosial serta camat dan lurah se-Kota Bogor,” tutur Sutopo.

Lebih lanjut, Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, warga di DKI juga haris waspada dengan banjir kiriman, dan untuk wilayah yang diminta waspada adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, dan Bukit Duri. Kemudian Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *