Warga Siaga Banjir di Kabupaten Aceh Utara

Goodbuzz.net – Sejumlah warga di Kabupaten Aceh Utara dan Bener Meriah dikwatirkan dengan datangnya banjir dikampungnya. Sejak Rabu (3/1) sore beberapa kecamatam di Kabupaten Aceh Utara dan Bener Meriah dilanda oleh hujan yang terus mengguyur dengan itensitas yang cukup deras. Hal ini ditakutkan bisa memicu melubernya air sungai kiriman hingga mengakibatkan banjir susulan.

“Hujan belum reda mulai sore tadi (Rabu, 3/1) hingga saat ini. Saya khawatir datangnya banjir susulan. Apalagi informasi yang beredar, di kawasan pegunungan, debit air bertambah,” tutur salah seorang warga Aceh Utara, Nurjanah Kamis (4/1/2018).

Nurjanah mengatakan jika daerahnya di kawasan Kecamatan Matangkuli telah digenangi air setinggi 1-1,5 meter. Tingginya air berbeda-beda tergatung dengan daratan di kawasan tersebut.

“Semoga saja hujan reda sehingga banjir tidak bertambah lagi,” lanjutnya.

Sebelum banjir ini, hujan deras juga pernah mengakibatkan volume air di Sungai Kereuto meningkat dan menerjang puluhan desa diempat kecamatan di Aceh Utara, Aceh. Dan membuat ratusan warga mulai mengungsi di menasah surau di desa masing-masing.

Dari catatan terjadinya banjir empat kecamatan yang terkena jerjangan sungai Kereuto antara lain Matangkuli dengan jumlah desa yang tergenang air 21 desa, Kecamatan Pirak Timu 9 desa, Kecamatan Tanah Luas 4 desa, dan Kecamatan Paya Bakong 2 desa.

Melihat hal ini para warga terus dibuat takut dengan hujan yang terus menerus turun di kawasan Meriah dan Aceh Utara, karena hal ini mungkin bisa memicu meluapnya air sungai Kereuto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *