Minggu Ini Jakarta Dirundung Hujan

Goodbuzz.net – Hujan dengan intensitas tinggi dikabarkan akan dialami jakarta pekan ini. Menurut pantauan Badan Meteorologi dan Klimatolofi dan Geofisika (BMKG), awan hitam yang menyelimuti Jakarta menjadi alasannya.

“(Sifatnya) fluktuatif, artinya akan terjadi hujan degan intensitas sedang, lebat, dan sangat lebat itu dimungkinkan dalam periode minggu ini. Dari sisi waktu bebeda-beda. Kalau tadi jam 2 (14.00 WIB). Jadi selanjutnya tidak persis jam 2,” ucap Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko

“Intinya periode minggu ini ada potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan yang signifikan untuk wilayah Jabotabek,” tambah dia.

Keadaan ini juga terjadi pekan lalu. Namun, berbeda dengan pekan ini, yang cenderung memiliki curah hujan yang tinggi.

“Trennya daripada minggu lalu mengalami kenaikan. Kemarin, seminggu lalu kan jeda tidak ada hujan,” ucap Hary.

BMKG memprediksi hujan lebat mungkin akan di alami daerah Jakarta Selatan dan Barat terlebih dahulu.

“Saat ini, kalaupun terjadi hujan, berlahan. Seperti Sabtu, hujan didominasi selatan, minggu juga. Maka potensi dari Selatan dan Barat wilayah Jabotabek kemudian merata,” ujar Hary.

Hary Tirto Djatmiko sendiri mengatakan untuk tidak terlalu risau, karena curah hujan ini belum termasuk bahaya. “Kalau ekstrem itu, dari sisi intensitasnya baru ketahuan,” tegasnya.

Namun, pihak BMKG tetap memberi peringatan kepada para masyarakat yang berada di kawasan gawat banjir. Dan menyerukan kepada masyarakat untuk membersihkan saluran air agar tidak ada banjir.

“Antisipasi, warga itu, saat ini antisipasi dari sisi pengecekan saluran air dan sebagainya. Kewaspadaan daerah dataran rendah, cekungan, dan bantaran kali yang langganan banjir,” ucap Hary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *