Wakil Presiden Sindir Langkah Uji Materi UU KPK ke MK Oleh Setnov

 

 

Goodbuzz.net – Langkah yang dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto dengan mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tidaklah menyalahi aturan. Karena menurutnya siapa pun dapat melakukannya.

“Selama itu hukum membolehkan, ya kita tidak melarangnya. Jadi semua orang mempunyai legal standing, boleh mengajukan,” ungkap Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa 14 Nopember 2017.

Menurutnya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan apabila merasa dirugikan dengan adanya undang-undang tersebut. Meskipun demikian, dia sindir mengapa hal tersebut baru dilakukan sekarang ini.

“Kalau tidak setuju, merasa dirugikan oleh undang-undang yang ada (silakan ajukan). Pertanyaannya, kenapa baru diajukan? Itu pertanyaanya kan,” sindirnya.

Dia tidak mau melihat hal tersebut benar atau tidak. Namun, meskipun telah mengajikan UU pada MK sebaiknya Setya Novanto dapat mematuhi proses hukum yang ada.

“Ya tentu sambil jalan (proses hukumnya),” tegas Jusuf Kalla.

Pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Frederich Yunadi sebelumnya mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang KPK. Terdapat dua pasal yang dipermasalahkan olehnya, yaitu Pasal 12 dan Pasal 46 ayat 1 dan 2.

“Daripada kita ribut lalu debat kusir, lebih baik saya uji di MK. Biar MK memberikan pertimbangan atau putusan sekiranya apa yang sebenarnya jadi acuan penegak hukum,” ungkap Frederich.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *