Kuasa Hukum Ketua DPR RI Perlihatkan SPDP Ketua KPK dan Wakilnya

 

 

Goodbuzz.net – Kuasa hukum Ketua DPR RI Setya Novanto, Fredrich Yunadi, mengungkapkan laporan terkait Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang telah naik pada level penyidikan. Dia juga memperlihatkan surat perintah dimulainya penyidikan terlapor pimpinan KPK Agus dan Saut.

“Yang sekarang yang saya tunjukkan supaya bisa dilihat ini ada SPDP. Terlapornya siapa bisa lihat sendiri, diduga dilakukan siapa, ini lihat sendiri. Ini (SPDP) juga diserahkan kepada Kuningan (KPK) jadi mereka sudah tahu,” ungkap Fredrich Yunadi di gedung Bareskrim KKP, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017).

Ketua KPK dan wakilnya dilaporkan oleh Sandy Kurniawan dengan nomor LP/1028/X/2017/Bareskrim. Dua anggota tertinggi KPK tersebut dilaporkan terkait dugaan tundak pidana pembuatan surat palsu dan memakai surat palsu kemudian menyalahgunakan wewenang seperti yang dimaksud pada Pasal 263 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan/atau Pasal 421 KUHP.

“(Laporan) di mana membuat surat keterangan seolah-olah benar, penyalahgunaan kekuasaan, dan dalam menjalankan tugas tindak pidana korupsi melanggar Pasal 421 (dengan) ancaman hukuman 6 tahun,” kata Fredrich Yunadi.

Dengan dinaikkannya laporan kepada Ketua dan wakil ketua KPK pada tingkat penyidikan, pihaknya memberikan apresiasi pada Bareskrim. Menurutnya, penyidik telah mempunyai alat bukt mengenai penyidikan yang dijalankan.

“Yang penting adalah tidak ada kekebalan hukum dan membuktikan bahwa pelanggaran dan ada tindakan hukum yang dilakukan KPK,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *