Polri Masih Periksa Pihak Yang Bertransaksi Dengan Saracen

 

 

Goodbuzz.net – Laporan Hasil Analisis (LHA) telah diterima oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai kasus Saracen.

Pada Laporan Hasil Analisis tersebut, beberapa pihak diketahui berpartisipasi keuangan dengan Ketua Saracen, Jasriadi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto menegaskan penyidik akan memanggil beberapa pihak yang tercantum dalam LHA PPATK tersebut.

“Nanti penyidik yang menentukan. Jika perlu dipanggil oleh penyidik, akan dipanggil,” ungkap Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta.

Menurut Rikwanto mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan mereka terlibat dengan kasus Saracen atau tidak.

“Nama-nama ini akan dikonfirmasi lagi tentang kenapa ada komunikasi atau hubungan dengan rekening tersebut,” kata Rikwanto.

Tetapi, Rikhwanto masih tidak ingin mengungkapkan terkait pihak-pihak yng masuk dalam catatan LHA PPATK tersebut. Rikhwanto juga mengatakan kenyataan tersebut masih akan dipelajari lagi.

Sebagai informasi, terkait kasus Saracen pihak polisi telah menetapkan empat pengurus Saracen yaitu JAS, MFT, SRN, dan AMH sebagai tersangka. Mereka mau menyebarkan konten ujaran kebencian dan beraroma SARA pada media sosial sesuai dengan tarif Rp 72 juta.

Media yang dipakai untuk menyebar konten tersebut yaitu grup Facebook Saracen News, Saracen Cyber Team, situs Saracennews.com serta beberapa grup lain yang memikat warganet untuk bergabung. Sampai sekarang diketahui jumlah akun yang terhubung dalam jaringan Grup Saracen sudah lebih dari 800ribu akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *