Waspada Dengan Narkoba Menyerang Lingkungan Anak-Anak

 

 

 

Goodbuzz.net – Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Komjen Budi Waseso atau biasa dikenal Buwas mengatakan terdapat pergerakan pasar narkoba yang membidik anak di bawah umur.

“Anak TK, SD, SMP, semua sudah terkontaminasi narkoba. Jaringan narkotika ingin memperluas pangsa pasar. Maka mereka membiayai dari hasil penjualan narkotika, sebagian dia danai untuk meregenerasi pangsa pasar berikutnya, ” kata Budi Waseso di Penjaringan, Jakarta Utara.

Budi waseso mengungkapkan banyak modus yang digunakan oleh bandar narkoba untuk memasuki pasar anak-anak usia dini dengan mengenalkan narkoba dalam bentuk vitamin. Baik dalam kemasan vitamin atau jenis narkoba itu sendiri.

“Cara-cara meracuni mereka (anak-anak) dengan mengemas makanan, minuman, dan mengimingi-imingi seolah-olah ini obat atau vitamin biar pintar. Nah, ini yang perlu diwaspadai bersama,” ungkap Budi Waseso.

Selanjutnya, Budi Waseso juga mengatakan kondisi semakin memilukan ketika anak-anak berada di jalanan maka narkoba akan semakin dekat. Atau kebetulan anak-anak yang kurang beruntung karena ekonomi keluarga yang minim.

“Mereka yang kondisi orangtuanya tidak mampu menyekolahkan, tidak mampu mendidik mereka dengan baik, ya secara ekonomi dan kesejahteraan mereka itu sangat minim, tetapi ancaman, ” katanya.

Budi Wasise juga memberi contoh terkait kebiasaan anak jalanan yang mabuk lem dan hal tersebut menjadi bukti nyata perilaku menyimpang lebih dekat dengan lingkungan anak-anak.

“Sekarang kebiasaan menggunakan lem di lingkungan ini sudah hal yang biasa. Secara ekonomi beruntung juga tidak menjamin, ” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *