Tebang Pohon Jati Perhutani Empat Pelaku Masuk Bui

Goodbuzz.net – Terjadi lagi aktivitas penebangan pohon liar yang dilakukan di kawasan Area Perhutani. Pohon Jati yang tumbuh liar di kawasan Perhutani diketahui telah ditebang tanpa ijin. Area perhutani yang berada di Tasikmalaya ini dimasuki oleh penebang pohon liar. sedikitnya ada 4 pelaku yang menjadi tersangka dalam penebangan tanpa ijin tersebut.

Keempat tersangka tersebut yakni Heri Andrian (41), Sahmidin (39), Taedin (40) dan Muhdin (44) berhasil diamankan oleh pihak yang berwajib setelah berusaha untuk melarikan diri dua bulan terakhir ini.

Mereka adalah warga Sukasirna Cipatujah yang berbatasan langsung dengan lahan negara yang dikelola Perhutani di kawasan blok Cimatang.

Dengan alasan butuh bahan untuk membangun rumah pribadi sehingga melakoni pembalakan liar pohon milik Perhutani. Alat yang digunakan untuk menabang pohon jati tersebut yakni gergaji manual yang lumayan membutuhkan waktu lama untuk proses penebangan pohon jati.

“Kayunya mau dipakai bikin rumah. Enggak dijual,” kata salah satu pelaku, Sahmidin, di Mapolres Tasikmalaya, Rabu (7/6/2017).

Kualitas kayu jati memang sudah tidak diragukan lagi sehingga mereka nekat mencuri.
Sahmidin mengaku aksinya tersebut hanya dilakukan oleh empat orang tanpa melibatkan pihak lain. Modus mereka menebang kayu jati pada malam hari dengan mengandalkan gergaji manual.

Polisi menyita puluhan potong kayu jati gelondongan dan dua gergaji. “Terjadi illegal logging oleh sekelompok masyarakat di lahan Perhutani. Barang buktinya 51 batang kayu jati dari sebelas pohon,” kata Wakapolres Tasikmalaya Kompol Bobby Indra.

Tersangka diganjar Pasal 82 ayat 1 UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan yang ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara. Petani tersebut mendekam di sel tahanan Mapolres Tasikmalaya.

“Mereka sudah biasa (penebangan liar). Bahkan salah satunya residivis,” ucap Bobby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *