Rencana Jalur Satu Arah Tol Bawen – Salatiga

Goodbuzz.net – Ruas Tol Bawen – Salatiga yang rencananya akan di fungsionalkan pada H-7 Lebaran dan juga hanya digunakan satu arah menuju arah Salatiga. “Tol Bawen – Tingkir (Salatiga) bisa fungsional walaupun sebenarnya sudah siap operasional. Tapi masih fungsional, tanpa biaya,” kata Condro, Selasa (13/6/2017).

Total ada 8 gate di pintu Tol Salatiga yaitu 4 untuk masuk dan 4 keluar. Condro meminta kepada Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol agar tidak membuka semua gate saat mudik, cukup 4 saja.

“Saya pesan ke pengelola agar 4 gate saja yang dibuka. Jika 4 lajur jadi 2 lajur masih mampu, beda jika 8 lajur menjadi 2 lajur, akan terjadi penumpukan,” lanjutnya.

Antisipasi yang dilakukan dengan tujuan supaya dua lajur yang menuju arah Terminal Tingkir yang diberlakukan searah tidak mengalami kepadatan kendaraan. Begitu pula yang mengarah ke Suruh. Dua jalan tersebut merupakan jalan setelah gerbang Tol Salatiga.

“Kita bikin satu arah pertigaan exit Tingkir (Salatiga) sampai terminal, ke jalan nasional ada sekitar 2 kilometer,” jelasnya.

Pemudik yang hendak menuju Kota Salatiga agar keluar di exit Tol Bawen, bukan Tol Salatiga. Hal itu karena dari Tol Salatiga menuju Suruh nanti akan ada pengalihan melewati jalur alternatif Senjoyo.

“Kalau ke Salatiga jangan lewat sini. Salatiga lewat Bawen. Soalnya nanti crossing yang mau belok kanan. Ini untuk yang mau ke Boyolali, Solo, Sragen, dan sekitarnya,” terang Condro.

Terkait hal itu Kapolda meminta TMJ untuk memberikan petunjuk jalan. Ia juga meminta pemudik berhati-hati, waspada dengan kecepatan dan segera berhenti di rest area jika sudah merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *