PBB Solo Dibayar Lewat Hp Pribadi, Bagaimana Caranya?

Goodbuzz.net – Jaman yang semakin modern dengan diikuti teknologi yang makin kesini kian canggih juga. Dulu yang punya handphone bisa dihitung lah sekarang hampir setiap orang sduah memiliki handphone. Bahkan satu orang bisa punya handphone lebih dari satu karena kebutuhan.

Kabar baik untuk warga Solo yaitu kini dapat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui ponsel pribadi. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan m-banking, sms banking maupun internet banking.

Program e-pajak tersebut diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Jumat (26/5/2017). Pemkot menggandeng Bank Nasional Indonesia (BNI) dalam penyediaan layanan pembayaran.

Dirut BNI, Achmad Baiquni, mengatakan Solo merupakan kota pertama yang menggunakan multichannel dalam pembayaran PBB.

“Di kota-kota lain sebenarnya sudah bisa lewat ATM. Tapi untuk m-banking, sms banking dan internet banking, baru ada di Solo. Untuk awal, kita baru PBB, secepatnya akan kita tambah layanan pajak hotel, restoran dan kafe,” katanya.

Layanan pembayaran PBB tersebut langsung terkoneksi secara live dengan data Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta. Warga Solo juga bisa mengecek transaksi mereka di aplikasi Solo Destination.

“Selanjutnya akan kita terapkan di kota-kota lain. Kita tentunya membidik yang wajib pajaknya banyak. Selain itu tergantung juga kepala daerahnya. Kalau Solo ini kan wali kotanya mendukung, jadinya kita dahulukan,” ujarnya.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menegaskan program pembayaran pajak maupun retribusi secara elektronik terus dikembangkan Pemkot. Hal tersebut dilakukan tidak semata-mata untuk meningkatkan pendapatan.

“E-pajak ini tujuannya bukan masalah pendapatan, tapi agar masyarakat percaya. Karena dengan seperti ini kan lebih transparan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *