Dishub Jabar Siapkan jalur Alternatif Bagi Pemudik

Goodbuzz.net – Masa mudik hanya tinggal hitungan hari saja. Masih banyak pembenahan di jalur-jalur yang nantinya akan dilewati pemudik. Selain itu banyak pembukaan jalan alternatif yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan saat mudik berlangsung.

Salah satunya Jawa barat adalah kota yang setiap tahunnya menjadi jalur yang selalu dilewati pemudik. Untuk mengurangi kemacetan ketika masa mudik datang, pemudik disarankan untuk lewat jalur alternatif yang sudah di sediakan.

“Banyak pergerakan di Jabar. Pesan dari Pak Menteri, supaya di Jabar bisa menggunakan jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan, dari Dinas Perhubungan (Dishub) dia sudah punya,” kata Buyung.

Sementara untuk penerapan ganjil genap di tol di Jabar, Buyung belum bisa memastikan. Pihaknya akan melihat situasi terkait kepadatan ketika musim mudik mulai dilaksanakan.

“Kita lihat kepadatan di jalan tol. Artinya kalau padat, ada sistem seperti ditahan dulu, supaya yang didepannya terurai,” tuturnya.

Di jalur utara jalur alternatif terdapat di kawasan Kalijati, Subang, Cikamurang, dan cihelang. Jalur tengah ada di kawasan Tomo, Kadipaten, Majalengka, sampai Cikijing. Untuk jalur selatan, dari Gedebage, Rancaekek, Majalaya, Cijapati, Kadungora, dan Leles.

“Untuk jalur alternatif semuanya siap. Tetapi di jalur alternatif Majalengka sampai Cikijing hati-hati ada bencana,” kata Dedi.

Untuk jalur-jalur alternatif ini digunakan hanya untuk kendaraan pribadi atau kendaraan kecil. Untuk kendaraan bermuatan besar atau kendaraan besar, pihaknya meminta agar tidak melalui jalur alternatif.

“Secara geometrik, jalannya juga berupa turunan dan tanjakan. Kita khawatir. Sehingga kendaraan bus lewat jalan tol saja,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *